Penyebab Berat Badan Mudah Naik

Memiliki berat badan berlebih kini sudah menjadi fenomena yang banyak orang keluhkan baik pria maupun wanita, terkadang mereka dengan segala cara dilakukan untuk menurunkan berat badan dari cara melakukan operasi, sedot lemak, diet ketat dsb. Namun hasil yang didapat tidak sesuai yang diharapkan.

Menurut data yang diperoleh seseorang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung lebih banyak dialami wanita daripada pria, hal ini dikarenakaan wanita lebih banyak memiliki hormon yang dipengaruhi oleh faktor psikologis dan non psikologis, seperti informasi yang didapat dari sebuah majalah “Buzzle” terbitan Kamis (24/6/2010), kelebihan berat badan berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Apalagi tubuh seorang wanita selalu mengalami perubahan mulai dari menstruasi, hamil hingga menopause. Sedangkan pada pria penyebab kenaikan berat badan mudah terjadi karena faktor utama dari kebiasaan buruk dalam pola hidup contoh, merokok, suka minum kopi

Sebelum anda benar-benar menjalankan program diet, anda harus memahami apa saja penyebab berat badan mudah naik :

1. Hipotiroid

Hipotiroid merupakan salah satu penyebab berat badan yang pada umumnya dialami wanita, mengapa karena apabila seorang wanita mengalami hipotiroid ( memiliki kadar tiroid yang rendah) maka berat badan wanita akan bertambah lebih cepat. Akibatnya kekurangan tiroid menyebabkan lemak susah dicairkan yang membuatnya terus menumpuk dalam tubuh karena metabolisme berjalan lambat.

Gejala apabila seseorang mengalami gangguan tiroid adalah

- Mudah merasa lelah

- Perasaan sering cemas

- Mata dan wajah bengkak karena susah tidur

- Rambut rontok

- Kulit terasa kering

- Produksi keringat menurun

- Perasaan depresi

- Mudah lupa

- Bicara menjadi lambat dan suara serak

- Sakit kepala

- Menurunnya gairah seksual

- Sering mengalami kesemutan pada tangan dan kaki

- Infertilitas atau mengalami keguguran berulang

2. Kekurangan asam lemak esensial

Kenaikan berat badan yang mudah meningkat bisa dialami wanita jika dalam tubuhnya kekurangan lemak yang baik untuk menghasilkan hormon dan mempertahankan metabolisme tubuh. Kekurangan tiroid dapat berakibat pada peningkatan nafsu makan terhadap makanan berlemak.

3. Menopause

Jika seorang wanita sudah mengalami gejala dari menopause seperti contoh umumnya adalah berhenti haid, maka produksi dan tingkat hormon semakin menurun. Sering kali wanita yang mengalami menopause berdampak pada nafsu makan berlebih sehingga tidak hanya menganggu kesehatan seperti rentan dengan penyakit diabetes, jantung, stroke dan penyakit lainnya, tetapi juga berpengaruh dalam kenaikan berat badan.

Tidak hanya sebatas hal yang disebutkan diatas. Menopause juga dapat memperlambat kerja dari metabolisme tubuh yang mengakibatkan lemak sulit terbakar yang berdampak pada kenaikan berat badan dan fakta yang ditemukan sekitar 30 % wanita yang mengalami menopause akan semakin jarang melakukan olahraga.

4. Sindrom Cushing atau gangguan kortisol yang terlalu tinggi

Sindrom Cushing merupakan suatu kondisi dimana ketika terjadi peningktan produksi khususnya pada hormon kortisol yang menyebabkan meningkatnya jumlah lemak di beberapa bagian tubuh seperti perut, wajah dan pundak/bahu, tetapi untuk di daerah tangan dan kaki biasanya tetap langsing.

Kondisi yang tidak normal inilah yang menyebakan hormon kortisol mudah meningkat dan semakin tinggi sehingga menyebabkan kenaikan berat badan terutama pada perut.

Dampak negatif dari peningkatan jumlah hormon kortisol :

- Sebagian atau beberapa otot tubuh akan melemah

- Kulit menjadi tipis

- Jika mengalami luka susah sembuh

- Mudah memar

- Mengalami tekanan darah tinggi

- Kadar glukosa yang tidak terkendali

- Menyebabkan selulit atau stretch mark dengan guratan urat berwarna agak keunguan pada perut

- Siklus mentruasi menjadi tidak teratur

- Rambut mudah rontok

5. Obat-obatan

Terkadang ada beberapa jenis obat bila dikonsumsi akan membuat nafsu makan meningkat. Hal ini disebabkan obat-obat yang mudah larut dan diserap oleh darah dalan tubuh memberi signal dan mempengaruhi reksi dari lambung atau perut anda untuk makan lagi dan lagi tanpa merasa kenyang. Obat-obat steroid, anti peradangan, anti depresan dan obat diabetes juga menjadi pemicu kenaikan berat badan wanita yang kadang tidak dapat dijelaskan.

6. Alat kontrasepsi

Untuk beberapa perempuan ada yang memilih alat kontrasepsi salah satunya dengan minum Pil KB sehingga dapat mempengaruhi pergantian hormon baru dan meningkatkan hormon tersebut ( hormon esterogen ) ada beberapa wanita setelah melakukan penyuntikan KB atau minum pil KB nafsu makan menjadi meningkat.

7. Penyakit serius

Seseorang yang memiliki suatu penyakit serius seperti ginjal, jantung, penyakit gangguan hati dan penyakit degeneratif lainnya juga dapat menyebabkan tubuh menyimpan cairan berlebih yang sulit diuraikan sehingga membuat sebagian tubuh terlihat bengkak terutama pada pergelangan kaki dan mata. Penyakit kista ovarium dan getah bening pada wanita juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Paling umum adalah seseorang yang memiliki penyakit maag akan lebih sering mengemil, makan dan makan tanpa rasa kenyang karena makanan yang dikonsumsi hanyalah sebagian besar mengandung lemak jenuh.

7. Ketidakseimbangan gula darah

Coba anda sadari, makan apa saja minimal mengingat hari ini makanan yang sudah anda konsumsi. Apabila anda lebih banyak makan – makanan dengan kandungan karbohidrat dan gula lebih tinggi, hal tersebutlah yang membuat anda memiliki nafsu makan tidak terkendali dan mudahnya berat badan meningkat tajam.

Semakin meningkatnya hormon insulin dalam darah karena makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat membuat konsentrasi hormon insulin terganggu dan membuat seseorang menjadi ketagihan untuk makan dan makan sehingga gula dalam darah menjadi tidak seimbang.

Fungsi dari hormon insulin sendiri adalah membantu penyimpanan dan mengendalikan gula dalam darah dengan benar, namun hormon insulin akan mudah dilepaskan apabila anda tidak dapat mengendalikan makanan manis sehingga gula darah mudah meningkat. Gangguan hormon insulin sering dialami pada penderita diabetes.

8. Masa kehamilan dan menyusui

Wanita yang sedang hamil dan atau sedang dalam masa menyusui akan mudah mengalami kenaikan berat badan hal ini dipicu karena adanya sang bayi dalam rahim sehingga tidak hanya ibu, bayi pun yang memerlukan asupan makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuhnya, bayi akan menyerap sari makanan yang dikonsumsi ibu melalui plasenta sehingga si bayi ini memberi signal dan merespon ibu untuk makan dan makan ada pula beberapa wanita mengalami peningkatan nafsu makan bukan hanya dilandasi faktor sang bayi.

Hormon esterogen dan progesteron akan terus meningkat pada seorang wanita yang sedang hamil sampai proses persalinan itu terjadi dan sampai masa menyusui. Namun tinggi dan berat badan ibu sebelum hamil, bisa jadi tolak ukur untuk menentukan penambahan berat badan yang normal selama hamil. Indeks Masa Tubuh (Body Mass Indek/BMI) dari Dokter atau Bidan Ibu juga merupakan acuan yang baik.

Peningkatan hormon dan nafsu makan akan dirasakan berbeda pada setiap wanita tergantung bagaimana respon tubuh ibu itu sendiri dan sang bayi dalam janin. Bila interaksi yang terjadi antara ibu dan bayi normal maka keseimbangan dalam mengkonsumsi makanan pun akan meningkat. Jika anda merasa khawatir dengan semakin meningkatnya berat badan selama hamil, anda dapat melakukan dan menerapkan pola makan yang menurut anda baik tetapi tidak membuat kesulitan pada bayi anda selama kehamilan dengan cara menyeimbangkan pola makan yang baik dan benar serta olahraga teratur.

Berikut ini adalah rumus dan tabel untuk mengetahui penambahan berat badan selama kehamilan

Rumus BMI ( Body Mass Indeks ) = Berat badan : ( tinggi badan x tinggi badan )

berat badan ( dalam kg ) dan tinggi badan ( dalam cm )

Dengan perkiraan kenaikan berat badan selama hamil rata-rata sekitar 12,5 kg, maka tubuh Ibu butuh tambahan energi sebesar 70.000-80.000 Kal. Pertambahan kalori ini, terutama diperlukan pada 20 minggu terakhir masa kehamilan, yaitu ketika pertumbuhan janin berlangsung sangat pesat. Bila 80.000 Kal dibagi 40 minggu (280 hari), maka tambahan kalori yang Ibu perlukan adalah antara 285-300 Kalori per hari.

9. Sedang dalam masa menstruasi

Ada beberapa di kalangan remaja wanita atau wanita dewasa bila sedang dalam masa menstruasi mengalami peningkatan nafsu makan, hal ini dipicu karena menigkatkan produksi hormon esterogen wanita. Tetapi kebanyakan wanita pada umumnya lebih senang menyantap makanan pedas, makanan dengan kuah berlemak, makanan bersantan dsb.

10. Perasaan emosional

Terkadang ada beberapa orang apabila mengalami suatu gunjangan dalam diri seperti stress atau depresi meluapkan emosinya dengan makan yang tidak terkendali dan tidak terkontrol. Dalam hal ini hormon kotrisol memiliki peranan yang memberi respon pada tubuh untuk makan dan makan. Ada sebagian orang berasumsi bahwa ” apabila sedang stress atau mengalami suatu gunjangan, lebih enak makan ” hal tersebutlah yang tidak anda sadari sehingga anda mengalami kenaikan berat badan.


=====================================

>>>FEMMISLIM Obat Pelangsing Herbal Alami, Produk Dari Boyke&Co Untuk Menurunkan Berat Badan, Mengecilkan Perut Buncit, Membakar Lemak Serta Menekan Nafsu Makan Berlebih. Aman Dikonsumsi Oleh Pria Dan Wanita, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================

One Response to “Penyebab Berat Badan Mudah Naik”

  1. Rusnawati says:

    Hallo dokter?saya adalah salah satu wanita yang mengalamikelebihan berat badan setelah menikah,sekarang berat badan saya 70 kg dengan tinggi badan 153 cm.,setelah anak pertama lahir saya memakai kontrasepsi kb suntik 3 bulan sekali dikarenakan tidak kuat mengosumsi pil kb,karena muntah mual dsb.awalnya haid normal 4,9 thn kemudian anak kedua lahir,dan saya pun kembali memakai KB suntik,sekitar beberapa bulan kemudian haid tidak normal dan saya beralih ke suntik 1 bulan sekali,dan itu pun tidak normal bahkan bisa tidak haid selama beberapa bulan dan sampai sekarang ini.pertanyaan saya,apakah berat badan yang saya alami ini di karenakan pengaruh kb dan bagai mana caranya supaya berat badan saya kembali normal,mohon saran dari dokter,atas perhatianya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

Leave a Reply